Menu

Mode Gelap

News · 16 Agu 2022 00:07 WIT ·

Pemkot Ternate Akan Launching E-Katalog Lokal


 Yunita Rahman, Kepala Bagian ULP Pemerintah Kota Ternate Perbesar

Yunita Rahman, Kepala Bagian ULP Pemerintah Kota Ternate

TERNATE – Pemerintah Kota Ternate akan segera melaunching E Katalog, yakni sebuah aplikasi untuk promosi barang/jasa secara digital bagi pelaku usaha perseorangan dan badan usaha di Kota Ternate.

Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Ternate, Yunita Rahman, kepada Diahinews.com, Senin 15 Agustus 2022, menjelaskan aplikasi itu akan menjadi etalase digital dan memberi kemudahan bagi pelaku usaha di Kota Ternate untuk melakukan promosi dan transaksi.

Aplikasi itu memberi ruang pada semua jenis pelaku usaha untuk menjadi penyedia jasa.

Dia mencontohkan, ketika instansi pemerintah menyelenggarakan kegiatan dan membutuhkan konsumsi, maka instansi tersebut tinggal memesan pada pelaku usaha catering sebagai jasa penyedia makanan di E-Katalog itu.

“E-Katalog itu aplikasi yang dikembangkan oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah), itu semacam etalase. Jadi nanti dari dinas-dinas bisa belanja di situ, jadi nanti dorang bisa transaksi langsung dengan penyedia di situ,” jelas Yunita.

Dengan begitu, proses pengadaannya akan lebih efisien dan lebih memudahkan pihak-pihak di dalam E-Katalog untuk bertransaksi, termasuk meningkatkan dan mendukung pelaku UMKM di Kota Ternate.

Namun dia mengatakan meski telag menyediakan E-Katalog itu, pelaku usaha tak dipaksakan menjadi penyedia melalui sistem itu.

Dalam brosur yang disiapkan untuk launching yang direncanakan dilakukan pada momen HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus, nanti, setidaknya telah disiapkan etalase untuk belasan produk, diantaranya: service kendaraan, pakaian dinas dan kain tradisional, makan minum, jasa kebersihan, jasa keamanan, beton ready mix, bahan pokok, bahan material, aspal, alat tulis kantor, souvenir, seragam sekolah, hewan ternak, peralatan dan perlengkapan komputer, percetakan/penggandaan, dan furnitur/mebeler.

Terpisah Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman mengatakan, launching E-Katalog itu akan dilakukan pada momen HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus di Lapangan Ngara Lamo Ternate.

“Nanti pas 17 Agustus baru ada rilisnya,”singkat Tauhid.

Artikel ini telah dibaca 98 kali

Baca Lainnya

Dinsos Ternate Bawa Satu Pasien ODGJ ke RSJ V.L Ratumbuysang

16 Mei 2024 - 18:25 WIT

Ratusan Pasangan di Halsel Ikut Nikah Massal

15 Mei 2024 - 08:04 WIT

Nakertrans Halsel : Ketiga Karyawan PHK Itu Tidak Taat Aturan

12 Mei 2024 - 12:50 WIT

Siap Lahan 1 Hektar, Bupati Bassam Usul Bangun Perpustakaan

27 April 2024 - 09:31 WIT

Bupati Bassam Promosikan Pariwisata Halsel Melalui Podcast Kompas

25 April 2024 - 17:35 WIT

Eks Kantor Bupati Halsel Terbakar

21 April 2024 - 14:02 WIT

Trending di News