Menu

Mode Gelap
 

News · 17 Agu 2022 21:34 WIT ·

Wali Kota Perintah Kadiknas Pastikan September Holil Sudah Kembali ke Sekolah


 Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Usai Upacara HUT Kemerdekaan RI di Lapangan Nagara Lamo Ternate, Ternate Utara, Maluku Utara Perbesar

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Usai Upacara HUT Kemerdekaan RI di Lapangan Nagara Lamo Ternate, Ternate Utara, Maluku Utara

TERNATE – September nanti M Holil dan Sagio Finan, dua dari sekian bocah di Kota Ternate yang putus sekolah karena faktor ekonomi akan kembali ke bangku pendidikan.

Ini setelah Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman, seusai upacara peringatan ke-77 HUT Kemerdekaan RI di Lapangan Ngara Lamo, Kelurahan Soasio Ternate, Rabu 17 Agustus 2022, akhirnya memberikan penegasan mengenai kejelasan masa depan pendidikan keduanya dan anak-anak putus sekolah di Kota Ternate.

Tauhid langsung memerintahkan Kadis Pendidikan Kota Ternate, Muslim Gani, yang saat itu berdiri di sampingnya untuk memastikan M Holil dan Sagio Finan, awal September sudah harus kembali bersekolah.

“Jadi saya memastikan, ini ada hadir juga Pak Kadis Pendidikan, siswa yang putus sekolah pada saat puncak hari anak, kita upayakan untuk dia (M Holil dan Sagio Finan) sekolah lagi,” tegas Tauhid.

“Saya minta kepala dinas (Dikans) untuk percepatlah, paling lambat awal September 2022 sudah masuk ke sekolah.”

Sementara mengenai proses pendataan para bocah putus sekolah yang dilakukan pihak kelurahan di seluruh Kota Ternate, Tauhid mengatakan data terkait akan disampaikan pihak kelurahan kepada Diknas Kota Ternate.

Menanggapi perintah Wali Kota itu, Kadis Diknas Kota Ternate Muslim Gani, mengatakan administrasi dua bocah itu akan dibereskan dulu. Sebab secara administrasi kependudukan, tercatat sebagai pendudukan daerah lain sehingga administrasi kependudukannya harus dipindahkan ke Kota Ternate.

“Jadi, nanti kita kroscek ke orang tua/wali anak-anak tersebut, supaya diminta untuk dimutasi ke Ternate,” tuturnya.

Karena itu Diknas Kota Ternate akan berkoordinasi dengan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Ternate.

Sementara mengenai pendataan anak-anak putus sekolah di setiap kelurahan yang sampai saat ini datanya belum diserahkan pihak kelurahan, dia mengatakan hal itu akan ditindaklanjuti lagi dalam rapat bersama Bunda PAUD.

Karena sebelumnya Diknas telah melakukan Bimtek berama dengan Bunda PAUD tentang penelusuran anak putus sekolah di kelurahan-kelurahan.

“Karena ibu-Ibu lurah itu diangkat di dalam Bunda PAUD, dan kita bimtek itu baru dua minggu lalu, jadi biarkan mereka bekerja dulu. Insya allah kita pertemuan bimbingan teknik lagi dengan mereka, dalam arti temuan-temuan mereka di lapangan,”kata Muslim.

M Holil dan Sagio Finan, diketahui berstatus bocah putus sekolah pada saat keduanya ikut tampil menyanyi bersama 8 bocah lainnya dalam puncak peringatan Hari Anak Nasional di Benteng Oranye, awal Agustus 2022.

Saat itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman yang mengetahui status mereka kemudian menjanjikan akan mengembalikan keduanya ke bangku sekolah. Kepada M Holil saat itu Tauhid bahkan mengatakan dia sendiri yang akan mengantar M Holil kembali ke bangku sekolah.

M Holil sendiri putus sekolah pada tahun 2018 saat duduk di bangku kelas dua SD di Bitung Sulawesi Utara, setelah kedua orang tuanya bercerai. Dia kemudian ikut ayahnya ke Kota Ternate. Sehari-harinya M Holil membantu mencari nafkah dengan cara ngamen di belakang Jatilland Mall dan sejumlah tempat keramaian di Kota Ternate.

Saat ini dia dan ayahnya tinggal di sebuah kosan sempit di Kelurahan Kampung Makassar Timur, Kecamatan Ternate Tengah.

Artikel ini telah dibaca 163 kali

Baca Lainnya

Ruang Kerja Kadis Perindag Digunakan Presiden Jokowi untuk Ganti Baju

28 September 2022 - 23:34 WIT

Pedagang Pasar Gamalama Mengeluh Tak Kebagian Sembako Bantuan Presiden Jokowi

28 September 2022 - 19:28 WIT

Satu Truk Toilet Disiapkan Untuk Presiden dan Rombongan BAB

27 September 2022 - 21:37 WIT

Kadis PUPR Malut Lantik 34 PPK

26 September 2022 - 19:50 WIT

Ingin Lihat Kondisi Sebenarnya Pasar Gamalama, Jokowi: Jangan Ada Rekayasa

26 September 2022 - 19:39 WIT

Sambut Jokowi, Wali Kota Kerahkan ASN Bersihkan Kota

26 September 2022 - 18:27 WIT

Trending di News