Menu

Mode Gelap

News · 2 Sep 2022 20:30 WIT ·

Bea Cukai Ternate Kekurangan Personil Awasi Perusahaan Tambang


 Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyelundupan (KIP), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya C Ternate, Aja A.S Perbesar

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyelundupan (KIP), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya C Ternate, Aja A.S

TERNATE – Bea Cukai Ternate masih kekurangan SDM untuk melakukan pengawasan terhadap ekspor-impor barang di lokasi pertambangan di Maluku Utara.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyelundupan (KIP), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya C Ternate, Aja A.S, mengatakan kekurangan personil itu menyebabkan pihaknya hanya menempatkan dua orang petugas untuk melakukan pengawasan

“Di Weda Halmahera Tengah dua orang, dan Pulau Obi Halmahera Selatan dua orang,” ungkap Aja, kepada diahinews.com, Jumat 2 September 2022.

Dengan hanya dua petugas di lapangan, dia mengatakan kinerja pengawasan menjadi tak maksimal.

Untuk menambah petugas pengawasan, Bea Cukai Ternate dalam dua tahun terakhir sudah mengusulkan penambahan pegawai sebanyak 50 personil, namun yang direalisasikan hanya 2 orang.

Dan tahun ini akan kembali diusulkan penambahan personil sebanyak 60 orang, yang rencananya akan disampaikan ke pusat pada akhir tahun.

“Apalagi ini banyak smelter-smelter baru di areal perusahaan tambang-tambang untuk pengawasan, itu kan kita juga butuh tambah pegawai,”kata dia.

Saat ini seluruh personil Bea Cukai Ternate berjumlah 40 orang.

Aja menambahkan, khusus PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), pengawasan tidak oleh Bea Cukai Ternate, tapi dilakukan oleh Bea Cukai Sulawesi Utara.

“NHM Itu yang aneh, pengawasannya tidak masuk di sini. Wilayahnya Maluku Utara, tetapi Bea Cukai yang mengawasi adalah Bea Cukai Sulawesi Utara,”ungkap dia.

Artikel ini telah dibaca 21 kali

Baca Lainnya

Dinsos Ternate Bawa Satu Pasien ODGJ ke RSJ V.L Ratumbuysang

16 Mei 2024 - 18:25 WIT

Ratusan Pasangan di Halsel Ikut Nikah Massal

15 Mei 2024 - 08:04 WIT

Nakertrans Halsel : Ketiga Karyawan PHK Itu Tidak Taat Aturan

12 Mei 2024 - 12:50 WIT

Siap Lahan 1 Hektar, Bupati Bassam Usul Bangun Perpustakaan

27 April 2024 - 09:31 WIT

Bupati Bassam Promosikan Pariwisata Halsel Melalui Podcast Kompas

25 April 2024 - 17:35 WIT

Pemkab Halsel Anggarkan 4 Miliar Untuk Umroh Para Imam

25 April 2024 - 17:15 WIT

Trending di Uncategorized