Menu

Mode Gelap
 

News · 9 Sep 2022 00:38 WIT ·

PT Darko Ancam Blokir Jalan Masuk Pelabuhan Sofifi


 Ruas Jalan yang Dibangun Pemprov Malut di lahan PT.Darko Modul Timber/Sumber Foro: Manger PT.Darko Perbesar

Ruas Jalan yang Dibangun Pemprov Malut di lahan PT.Darko Modul Timber/Sumber Foro: Manger PT.Darko

TERNATE – Jalan masuk areal Pelabuhan Sofifi akan diblokir oleh PT Darko Modul Timber, perusahaan yang mengklaim sebagai pemilik lahan pada kawasan pelabuhan tersebut.

Rencana pemblokiran itu disampaikan Manager PT.Darko Modul Timber, Miller Darenta bersama Kuasa Hukum perusahaan Darwis M Said, pada Kamis 8 September 2022, sore tadi.

Miller mengaku dirinya bersama dua orang teman, yakni Azwardi S alias Abang dan Mahmud Abd Gani, mendapat kuasa dari PT Darko Modul Timber, untuk mengurus lahan, yang menurut dia telah dicaplok oleh Pemprov Malut. Surat kuasa itu berdasarkan akta notaris nomor 23/LGE/II/2019.

Langkah tegas memblokir jalan masuk areal Pelabuhan Sofifi itu dilakukan karena lahan itu milik PT Darko Modul Timber. Selain itu pihak perusahaan merasa diremehkan Pemprov Malut.

Dia mengatakan Pemprov Malut seenaknya membangun pelabuhan seluas 6 hektar itu pada tahun 2003. Padahal, saat itu lahan yang merupakan bagian dari lahan seluas 16 hektar, sebagaimana HGB 01 yang dikuasai PT Darko Modul Timber itu, baru akan berakhir pada tahun 2005.

“Intinya kita minta pemda harus bertanggung jawab atas pembangunan pelabuhan di atas PT.Darko, dan itu ada informasi ada dana pembebasan lahannya ketika membangun pelabuhan sebesar 6 miliar dan pihak Darko tidak menahu apa-apa,” kata Miller.

Selain membangun pelabuhan, Pemprov Malut juga membangun tiga ruas jalan menuju pelabuhan.

Kuasa hukum PT Darko Modul Timber, Darwis M Said, menambahkan pada hari Minggu 11 September 2022, pihak perusahaan yang diwakili 3 penerima kuasa, bersama pihak keamanan akan turun ke lokasi. Setelahnya akan dilakukan penyegelan.

“Makanya nanti hari Minggu kita turun cek lokasi atau survei dulu apakah hanya tiga jalan yang selama ini kendaraan keluar masuk atau sudah ada penambahan jalan. Kalau jalan yang dibangun Darko itu hanya satu,” ujar Darwis.

Darwis mempertanyakan apa dasar Pemprov Malut melakukan pembangunan di atas lahan Darko.

“Kan kita (PT.Darko) yang punya milik, kalian (Pemprov Malut) masuk membangun dasarnya apa? Mereka (Pemprov Malut) juga bangun pelabuhan atas dasar apa?.”

Azwardi S, menambahkan saat ini Pemprov Malut sedang melakukan pelebaran jalan dalam lahan milik PT Darko Modul Timber. Dia mengatakan di lokasi itu ada papan proyek dari Dinas PUPR Maluku Utara. Nama pekerjaannya adalah peningkatan akses pelabuhan Sofifi, dengan nomor kontrak SP/12274361/PPK.Fisik-BM/APBD/PUPR-MU/2022, tertanggal 29 Juni 2022, dengan nilai proyek Rp 1,3 miliar.

Artikel ini telah dibaca 506 kali

Baca Lainnya

Pemkot Ternate Tolak Usulan Pemekaran Kelurahan

31 Januari 2023 - 19:22 WIT

Halbar Ragukan Kesiapan Ternate, Haltim Tegaskan Siap Pasok Kebutuhan Pasar

16 Januari 2023 - 23:54 WIT

Silahkan Jika Ada Pengusaha Mau Bikin Lapangan Futsal di Lantai II Pasar Sabi Sabi

15 Januari 2023 - 16:13 WIT

Pemkot Tak Akan Bayar Tunggakan Listrik Plaza Gamalama

12 Januari 2023 - 21:39 WIT

Dibangun Pempus, Ditelantarkan Pemkot Ternate

11 Januari 2023 - 01:08 WIT

Gerindra Akan PAW Anggota Deprov Malut; Wahda Z Iman

11 Januari 2023 - 00:52 WIT

Trending di News