Menu

Mode Gelap
 

News · 26 Sep 2022 19:39 WIT ·

Ingin Lihat Kondisi Sebenarnya Pasar Gamalama, Jokowi: Jangan Ada Rekayasa


 Sejumlah TNI-Polri Sedang Menyiapkan Kesiapan Pasar Hihienis Bahari Berkesan Atas Kunjungan Presiden RI Jokowi Dodo/Senin 26 September 2022/Foto: (Diahinews) Perbesar

Sejumlah TNI-Polri Sedang Menyiapkan Kesiapan Pasar Hihienis Bahari Berkesan Atas Kunjungan Presiden RI Jokowi Dodo/Senin 26 September 2022/Foto: (Diahinews)

TERNATE – Presiden RI, Joko Widodo, dalam kunjungan kerja ke Maluku Utara, hari Rabu 28 September 2022 akan menyempatkan diri bertandang ke Pasar Higienis Bahari Berkesan di Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah.

Dalam kunjungan ke pasar yang dijadwalkan berlangsung pukul 11.00 WIT itu, Jokowi mengatakan bahwa dia ingin melihat kondisi sebenarnya di lapangan.

“Beliau (Presiden Jokowi,red) berharap ini alami, tidak sesuatu yang harus kita rekayasa,”kata Tauhid Soleman, Wali Kota Ternate, kepada wartawan di sela meninjau kesiapan di lokasi Pasar Higienis, sekitar pukul 11.00 WIT, Senin 26 September 2022.

Dia menjelaskan dalam kunjungan ke Pasar Higienis itu, Presiden Jokowi dijadwalkan juga akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM kepada ratusan pedagang di pasar tersebut.

Mengenai pedagang penerima BLT BBM itu, Kadis Perindagkop Kota Ternate, Muhlis Djumadil mengatakan jumlahnya sekitar 130 pedagang, dari sekitar 700 lebih nama pedagang yang diusulkan ke Protokoler Kepresidenan. Semuanya adalah pedagang di Pasar Higienis.

130 pedagang penerima BLT BBM itu akan diatur menempati jalur yang dilalui Presiden saat berjalan ke dalam pasar, hingga ke lokasi pedagang ikan. Presiden Jokowi akan turun dari sisi Utara jalan raya depan Pasar Higienis.

“Mereka (Protokoler Presiden) sudah minta kita punya profil pasar yang mau dikunjungi,” tuturnya.

Pada saat kunjungan nanti arus lalulintas di depan pasar akan dialihkan, karena jalan dari arah Selatan mau pun Utara menuju ke lokasi pasar itu akan ditutup.

“Itu ada Dinas Perhubungan Kota Ternate ditambah dengan Polres Ternate akan melakukan pengalihan arus,”ungkap Muhlis.

Lokasi parkiran kendaraan roda dua di halaman depan gedung Pasar Higienis juga akan digeser ke sisi Utara pasar. “Yang parkir di dalam, sementara kita perkirakan ke bagian utara pasar higienis atau di dalam terminal.”

Persiapan di lokasi itu akan terus dimatangkan. “Besok kan hari Selasa, jadi nanti besok kita lihat finalisasi kesiapannya seperti apa,” tutupnya.

Sekitar pukul 16.06 WIT sore tadi di Pasar Higienis dilakukan simulasi kemanan oleh TNI-Polri. Selama simulasi berlangsung, jalan raya di depan pasar itu ditutup.

Selain dijadwalkan berkunjung ke Pasar Higienis, Presiden Jokowi akan berkunjung ke Balai Latihan Kerja (BLK) di Kelurahan Ubo Ubo, Ternate Selatan. Di sana, Jokowi juga membagikan bantuan langsung.

Artikel ini telah dibaca 204 kali

Baca Lainnya

Pemprov Malut Kena Prank 800 Miliar dari Pemerintah Pusat

7 Desember 2022 - 00:26 WIT

Kadis PUPR Malut: Kolaborasi Penting Untuk Capai Target Pembangunan Infrastruktur Malut

5 Desember 2022 - 20:51 WIT

Foto Bersama Perayaan HARBAK PU ke 77 di Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara

Tahun 2022 PUPR Malut Bangun Jalan 1.276 Kilometer

3 Desember 2022 - 21:21 WIT

Pembangunan Irigasi di Malut Sudah Melampaui Target RPJMD 2024

3 Desember 2022 - 21:16 WIT

KRI Bima Suci Ikut Meriahkan Rangkaian Festival Kora-Kora

28 November 2022 - 01:39 WIT

Pemerintah Pusat Setujui Dana 680 Miliar Untuk Bandara Loleo

26 November 2022 - 23:11 WIT

Trending di News