Menu

Mode Gelap

News · 25 Nov 2022 23:45 WIT ·

Hari Minggu Dinas Pariwisata Gelar Festival Kora-Kora Untuk Meriahkan HAJAT


 Ilustaris/Foto: (Tandaseru/Sofyan Togubu) Perbesar

Ilustaris/Foto: (Tandaseru/Sofyan Togubu)

TERNATE — Setelah dilaunching oleh Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman pada hari Minggu 20 November 2022, pekan kemarin, rangkaian even menyambut Hari Jadi Ternate ke-772 tahun ini terus digulirkan Pemkot Ternate melalui SKPD masing-masing.

Minggu 27 November, pekan ini misalnya, Dinas Pariwisata Kota Ternate akan memeriahkannya dengan menghadirkan Festival Kora-Kora yang berisi dua event, yakni Karnaval Perahu Hias dan Lomba Dayung.

Kadis Pariwisata Kota Ternate Rustam P Mahli, kepada wartawan, Jumat 25 November 2022, menjelaskan kedua event itu melibatkan nelayan dan peserta umum.

“Jadi ada dua kategori yakni, pertama karnaval perahu hias yang rencananya diikuti oleh 50 peserta perwakilan dari para nelayan se-Kota Ternate bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kota Ternate. Kedua lomba dayung bebas (dayung sampan) diikuti dari berbagai kalangan, komunitas, lembaga, instansi, bahkan ada perwakilan dari kabupaten dan kota se-Provinsi Maluku Utara. Sampai saat ini pendaftaran yang masuk ke panitia sudah diatas dari 75 kelompok peserta,” jelas Rustam P Mahli.

Foto: Istimewa/Kesiapan Panitia Festival

Festival Kora-Kora itu juga dimaksudkan untuk mendukung Sail Tidore dan pemulihan ekonomi masyarakat melalui pelibatan para pelaku usaha kecil menengah untuk berpartisipasi.

“Ini juga bagian dari instruksi Pak Wali Kota untuk mensukseskan kegiatan Hajat dan Sail Tidore.”

Festival Kora-Kora itu dibuka dengan atraksi dan konfigurasi tarian kolosal yang melibatkan 200 penari dengan formasi 772 sebagai simbol perjalanan usia Ternate.

Dalam Festival Kora-Kora itu panitia juga bekerjasama dengan TNI AL dan Polri, warga pesisir dan komunitas penyelam di Kota Ternate untuk melakukan bakti sosial di pesisir, dengan fokus membersihkan areal pada kedalaman laut dan pesisir.

“Dan pada saat pembukaan kegiatan, Walikota juga memberikan penghargaan dan bantuan sosial bagi petugas dan satgas yang selama ini bekerja menjaga destinasi wisata di Kota Ternate,”jelas Rustam dalam rilisnya kepada media.

Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Dinsos Ternate Bawa Satu Pasien ODGJ ke RSJ V.L Ratumbuysang

16 Mei 2024 - 18:25 WIT

Ratusan Pasangan di Halsel Ikut Nikah Massal

15 Mei 2024 - 08:04 WIT

Nakertrans Halsel : Ketiga Karyawan PHK Itu Tidak Taat Aturan

12 Mei 2024 - 12:50 WIT

Siap Lahan 1 Hektar, Bupati Bassam Usul Bangun Perpustakaan

27 April 2024 - 09:31 WIT

Bupati Bassam Promosikan Pariwisata Halsel Melalui Podcast Kompas

25 April 2024 - 17:35 WIT

Eks Kantor Bupati Halsel Terbakar

21 April 2024 - 14:02 WIT

Trending di News