Menu

Mode Gelap

News · 28 Nov 2022 01:39 WIT ·

KRI Bima Suci Ikut Meriahkan Rangkaian Festival Kora-Kora


 KRI Bima Suci Ikut Meriahkan Rangkaian Festival Kora-Kora Perbesar

TERNATE – Festival Kora-Kora dalam rangka menyambut Hari Jadi Ternate ke-772 yang direncanakan berlangsung selama dua hari: 27-28 November 2022, resmi dibuka oleh Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, pada hari Minggu 27 November 2022 di Land Mark. Pembukaan festival itu ditandai dengan pemukulan tifa oleh Tauhid dan Sultan Ternate Hidayatullah Mudafar Syah.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rustam P Mahli, menjelaskan lomba perahu hias dalam festival itu diikuti oleh 48 perahu nelayan. Sedangkan lomba dayung selain diikuti oleh peserta dari seluruh kecamatan di Kota Ternate, juga diikuti oleh peserta dari Kabupaten Halmahera Barat dan Halmahera Selatan.

Rustam mengatakan dalam kegiatan Hari Jadi Ternate itu juga diberikan bantuan sosial kepada kaum duafa dan bantuan kepada pengelola tempat wisata. Sebab rangkaian kegiatan HAJAT ke-772 yang berlangsung di tengah momentum Sail Tidore itu menjadi momentum untuk pemulihan ekonomu pasca Pandemi Covid-19.

“Malam nanti dilakukan pentas seni. Dalam pentas seni ini, kita meminta kepada OPD maupun Forkompimda untuk menghadiri acara tersebut di Pelabuhan Residen,” jelas Rustam.

Sultan Ternate Hidayatullah Mudafar Syah mengatakan Kora-Kora di masa lalu, adalah armada laut untuk menguasai 72 Pulau. Hidayat kemudian mengharapkan Festival Kora-Kora sebagai ikon Ternate agar didorong menjadi event berskala nasional.

“Kami meminta pemerintah Kota Ternate bersama dengan pemangku adat untuk mengembangkan budaya dan pariwisata dalam rangka memajukan Kota Ternate lebih baik,” ucapnya.

Harapan Sultan Ternate itu mendapat respon positif Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman. Tauhid mengatakan akan berupaya mengembangkan event itu menjadi event berskala nasional.

“Kalau Kita laksanakan festival ini biasa saja, maka didapatkan hasilnya akan biasa saja. Kedepan tidak hanya Sail Tidore maupun Sail Morotai, tapi juga ada Sail Ternate, karena sudah mendapatkan keuntungan, sebab meskipun dilaksanakan Sail Tidore, tetapi sebagian besar para tamu masuk melalui Ternate,”kata Tauhid.

Tauhid menambahkan Kota Ternate mendapat manfaat ekonomi dari Sail Tidore.

“Kota Ternate tidak memiliki sumber daya alam, maka keuntungan yang didapatkan mulai transportasi, akomodasi, perhotelan, penginapan serta rumah makan, keuntungan ini, diharapkan agar mendorong PAD Kota Ternate,” katanya.

“Pariwisata sudah menjadi tren dalam pengembangan ekonomi, olehnya itu paradigma ekonomi akan diubah menjadi ekonomi kreatif, sebab Kota Ternate tidak memiliki sumber daya alam. Apabila ada kegiatan yang dilakukan, maka harus pameran UMKM supaya masyarakat bergeliat dalam pengabangan ekonominya,”

Sementara itu pentas seni yang berlangsung di Pelabuhan Ahmad Yani menampilkan beberapa tarian dari sejumlah komunitas dan menampilkan pentas budaya beberapa paguyuba di Kota Ternate.

Acara itu dimeriahkan juga dengan tampilnya orkestra dari kru KRI Bima Suci yang sedang berlabuh di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Acara pentas seni ini disambut warga secara antusias. Warga bahkan mendapat izin untuk naik dan melihat fasilitas yang dimiliki KRI Bima Suci.

“Terima kasih kepada kepala staf angkatan laut yang telah memberi ruang dan juga kesempatan pada malam hari ini untuk bisa hadir di tengah tengah masyarakat,” kata Wali Kota.

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan Plakat Ternate Kota Rempah dari Wali Kota Ternate kepada komandan KRI Bima Suci, sementara Wali Kota Ternate Tauhid Soleman mendapat sejumlah cindera mata dari komandan KRI Bima Suci.

Hadir juga dalam Pentas Seni itu adalah para pejabat Forkomimpda Kota Ternate

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Dinsos Ternate Bawa Satu Pasien ODGJ ke RSJ V.L Ratumbuysang

16 Mei 2024 - 18:25 WIT

Ratusan Pasangan di Halsel Ikut Nikah Massal

15 Mei 2024 - 08:04 WIT

Nakertrans Halsel : Ketiga Karyawan PHK Itu Tidak Taat Aturan

12 Mei 2024 - 12:50 WIT

Siap Lahan 1 Hektar, Bupati Bassam Usul Bangun Perpustakaan

27 April 2024 - 09:31 WIT

Bupati Bassam Promosikan Pariwisata Halsel Melalui Podcast Kompas

25 April 2024 - 17:35 WIT

Eks Kantor Bupati Halsel Terbakar

21 April 2024 - 14:02 WIT

Trending di News