Menu

Mode Gelap

News · 30 Mei 2023 21:26 WIT ·

Kabel Instalasi Listrik Gedung Plaza Gamalama Modern Dicuri Maling


 Kabel Instalasi Listrik Gedung Plaza Gamalama Modern Dicuri Maling Perbesar

TERNATE – Selain kondisinya sangat memprihatinkan karena tak kunjung difungsikan, gedung Plaza Gamalama Modern di Kelurahan Gamalama Kecamatan Ternate Selatan, juga rupanya dibiarkan terbengkalai tanpa pengawasan. Terbukti, kabel instalasi pada gedung itu, mulai dari lantai satu hingga lantai empat, hilang digondol pencuri.

“Torang pernah lia beberapa orang pencuri kabel-kabel itu,”kata Oji, seorang remaja yang bersama kawan-kawan sebanyanya sering memanfaatkan areal pada lantai satu gedung itu untuk bermain bola, pada dihinews.com, Selasa 30 Mei 2023.

Siswa kelas dua SMP itu mengatakan pencuri mengambil tembaga pada kabel-kabel itu untuk dijual.

Amatan diahinews.com, kabel instalasi listrik yang dicuri itu mulai dari lantai satu hingga lantai empat.

Kondisi gedung itu saat ini sangat memprihatinkan. Plafon pada lantai tiga dan empat sudah bolong di sana sini. Beberapa pintu rolling door pada bangunan kios di dalam gedung itu juga tak terkunci. Ada di antaranya bahkan sudah rusak. Sementara pada dinding di lantai empat terdapat noda hitam seperti bekas terbakar.

Selain itu, sejumlah alat pemadam kebakaran seperti Hydrant dan 8 buah tabung APAR (Alat Pemadam Api Ringan) terbengkalai dan tidak lagi berada pada tempatnya.

Begitu juga dengan kondisi sejumlah kloset di dalam gedung itu tampak jorok, lantaran banyak kotoran manusia yang mengendap di dalam kloset.

Terpisah, Kepala Bagian Aset di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ternate, Salim Albaar ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya hanya bertugas menyampaikan penawaran kepada pihak swasta untuk mengelola gedung tersebut.

Menurut dia, tanggung jawab perawatan, keamanan dan instalasi pada gedung itu ada pada Dinas PUPR Kota Ternate, dan Disperindag Kota Ternate.

Artikel ini telah dibaca 62 kali

Baca Lainnya

Dinsos Ternate Bawa Satu Pasien ODGJ ke RSJ V.L Ratumbuysang

16 Mei 2024 - 18:25 WIT

Ratusan Pasangan di Halsel Ikut Nikah Massal

15 Mei 2024 - 08:04 WIT

Nakertrans Halsel : Ketiga Karyawan PHK Itu Tidak Taat Aturan

12 Mei 2024 - 12:50 WIT

Siap Lahan 1 Hektar, Bupati Bassam Usul Bangun Perpustakaan

27 April 2024 - 09:31 WIT

Bupati Bassam Promosikan Pariwisata Halsel Melalui Podcast Kompas

25 April 2024 - 17:35 WIT

Eks Kantor Bupati Halsel Terbakar

21 April 2024 - 14:02 WIT

Trending di News