Menu

Mode Gelap

News · 10 Mar 2024 18:29 WIT ·

Generasi Muda Sultan Bacan Pawai Tarhib, Bupati: Mari Sambut Ramadhan dengan Gembira


 Generasi Muda Sultan Bacan Pawai Tarhib, Bupati: Mari Sambut Ramadhan dengan Gembira Perbesar

LABUHA—Pawai Tarhib Ramadhan sebagai ungkapan sukacita menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah, dilaksanakan oleh Generasi Muda Sultan Bacan (GEMA SUBA), pada hari Minggu; 10 Maret 2024. Semarak pawai menyambut Ramadhan itu dilepas oleh Bupati Halmahera Selatan; Hasan Ali Bassam Kasuba di depan Keraton Kesultanan Bacan.

“Mari sambut Bulan Ramadhan ini dengan bahagia, karena Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan yang selayaknya untuk memanjatkaan puja dan puji kehadirat Allah SWT untuk mempertebal keimanan,”kata Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba, saat melepas pawai tersebut.

Sementara Ketua Gema Suba,  Muhammad Husni Muslim menjelaskan,  pawai Tarhib Ramadhan adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyiapkan diri memasuki Bulan Puasa.

“Momentum Ramadhan dapat dijadikan sarana meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Jogugu Kesultanan Bacan; Ompu Mohdar Arief.

Pawai Tarhib itu sudah menjadi tradisi GEMA Suba bersama Kesultanan Bacan, setiap tahun, dan melibatkan para santri dari TPQ di Bacan.

Pawai Tarhib, itu juga menandai dibukanya sebuah Festival menyemarakan Bulan Suci Ramadhan, yang kali ini bertajuk Sejuta Hikmah Ramadhan (Sahara) 1445 Hijriyah, ke-7 tahun 2024.

Kegiatan yang dilombakan antara lain Pemilihan Dai Cilik, hifzil qu’ran, cerdas cermat Islami, lomba azan, menulis Cerpend alam bahasa Bacan, tilawatil qu’ran dan rangking satu.

“Akhir dari kegiatan Festival Sahara 1445 Hijriyah Gema Suba ini yakni pawai akbar 1 Syawal 1439 Hijriyah,” jelas Ketua Panitia; Azhar M Saleh, didampingi Muhammad Khalik Ratuela dan Zumira Iskandar Alam, selaku sekretaris dan bendahara.

Azhar menjelaskan kegiatan itu bertujuan menyadarkan generasi muda Islam tentang pentingnya nilai-nilai Islam dan tradisi masyarakat Bacan, serta menggugah kebangkitan generasi muda Muslim untuk berprestasi dan untuk membangun peradaban umat.

“Diharapkan juga, Festival Sahara 1445 Hijriyah ke Tujuh ini dapat menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum perenungan menuju masa depan yang optimis akan kemuliaan dan kejayaan umat Islam,” katanya.(byb)

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 39 kali

Baca Lainnya

Dinsos Ternate Bawa Satu Pasien ODGJ ke RSJ V.L Ratumbuysang

16 Mei 2024 - 18:25 WIT

Ratusan Pasangan di Halsel Ikut Nikah Massal

15 Mei 2024 - 08:04 WIT

Nakertrans Halsel : Ketiga Karyawan PHK Itu Tidak Taat Aturan

12 Mei 2024 - 12:50 WIT

Siap Lahan 1 Hektar, Bupati Bassam Usul Bangun Perpustakaan

27 April 2024 - 09:31 WIT

Bupati Bassam Promosikan Pariwisata Halsel Melalui Podcast Kompas

25 April 2024 - 17:35 WIT

Eks Kantor Bupati Halsel Terbakar

21 April 2024 - 14:02 WIT

Trending di News