Menu

Mode Gelap

News · 25 Mar 2024 20:51 WIT ·

Yayasan Habib Abubakar Kembali Salurkan Zakat untuk Keluarga Penderita Kusta di Halsel


 Yayasan Habib Abubakar Kembali Salurkan Zakat untuk Keluarga Penderita Kusta di Halsel Perbesar

 

HALSEL—Seratus tiga puluh penderita kusta di Kabupaten Halmahera Selatan kembali mendapat bantuan berupa zakat dari Yayasan As-Syifa Jakarta dalam bulan Ramadhan 1445 Hijriyah. Zakat dari yayasan milik Habib Abubakar Bin Hasan Al-Atas Azzabidi ini disalurkan melalui Yayasan Khairunnisa Halsel untuk penderita kusta pada tiga wilayah Puskemas: Puskesmas Babang Kecamatan Bacan Timur,  Puskesmas Gandasuli Kecamatan Bacan Selatan dan Puskesmas Labuha Kecamatan Bacan.

“Di Halsel, sudah yang ke tujuh kali dilakukan. Insya Allah ke depan akan dilakukan lagi,”jelas Habib Zuhdi Assagaf, Koordinator penyaluran zakat tersebut, pada wartawan, Senin 25 Maret 2024.

Zakat itu untuk penderita kusta dan keluarganya, baik yang sudah sembuh maupun yang dalam proses pengobatan. Tiap orang mendapat Rp 1 juta.

“Khususnya penderita kusta yang berdampak cacat fisik diberikan sesuai jumlah anggota keluarga, misalnya jumlah anggota keluarga lima orang,  maka penderita tersebut menerima sebesar lima juta,”jelas dia.

Habib Zuhdi berharap, zakat itu dapat digunakan untuk kebutuhan puasa dan lebaran.

Dijelaskannya bahwa tahun ini penerima zakat menurun dibandingkan tahun kemarin,  dimana tahun kemarin sebanyak 536 orang penerima, dan tahun ini hanya 130 orang.

Hal ini menurut Habib Zuhdi, banyak penderita yang sudah sembuh dan kekurangan data penderita dari sejumlah Puskesmas di Halsel.

“Tahun kemarin salurkan di sembilan  Puskemas,  namun tahun ini hanya tiga puskesmas, hal Itu karena beberapa Puskesmas tidak memasukan data penderita Kusta di wilayah Puskesmas masing masing,”jelas Habib Zuhdidi didampingi Supervisor Kabupaten Halsel Ali Faoji.

Total anggaran zakat yang disalurkan Yayasan Ass-Syifa untuk penderita Kusta  di Halsel tahun 2024 ini sebesar Rp 130 juta (byb

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Dinsos Ternate Bawa Satu Pasien ODGJ ke RSJ V.L Ratumbuysang

16 Mei 2024 - 18:25 WIT

Ratusan Pasangan di Halsel Ikut Nikah Massal

15 Mei 2024 - 08:04 WIT

Nakertrans Halsel : Ketiga Karyawan PHK Itu Tidak Taat Aturan

12 Mei 2024 - 12:50 WIT

Siap Lahan 1 Hektar, Bupati Bassam Usul Bangun Perpustakaan

27 April 2024 - 09:31 WIT

Bupati Bassam Promosikan Pariwisata Halsel Melalui Podcast Kompas

25 April 2024 - 17:35 WIT

Eks Kantor Bupati Halsel Terbakar

21 April 2024 - 14:02 WIT

Trending di News